Kecantikan

Kulit ternyata menyimpan 7 fakta menakjubkan ini

Sunday, January 25, 2015

illustrasi kesehatan kulit. Shutterstock/aslhyun

Merdeka.com - Kulit adalah organ tubuh yang menarik. Kulit menjadi organ terbesar yang melindungi tubuh, tahan air, serta tahan terhadap segala macam gangguan. Kulit akan terus-menerus melakukan regenerasi sel. Kulit juga bertanggung jawab untu mempertahankan suhu tubuh dan mendeteksi apakah udara menjadi dingin atau hangat.

Dilansir dari healthmeup.com, berikut adalah fakta menarik lainnya tentang kulit yang wajib untuk Anda ketahui.
  • Kulit adalah organ terbesar dari tubuh. Kulit menyumbang sekitar 15% dari berat badan Anda.
  • Dalam kondisi normal, kulit mampu mengeluarkan 6 liter keringa per hari. Beberapa bagian kulit yang tidak berkeringat adalah gendang telinga, tepi bibir, tempat kuku, dan ujung penis.
  • Warna kulit berasal dari protein yang disebut dengan melanin. Warna kulit tergantung pada jumlah melanin yang dihasilkan oleh tubuh. Melanin sendiri diproduksi oleh sel yang disebut dengan melanosit.
  • Kulit terus-menerus melakukan regenerasi sel bahkan bisa berjumlan 40.000-50.000 sel per menit yang berjumlah hampir 4 kilogram per tahun. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa minyak dalam sel kulit dapat membantu mengurangi polusi udara dalam ruangan.
  • Ada beberapa orang di dunia yang tidak memiliki sidik jari sama sekali. Hal ini disebabkan oleh dua cacat genetik langka, yang dikenal sebagai sindrom Naegeli dan dermatopathia pigmentosa reticularis.
  • Setiap inci kulit manusia memiliki daya regang yang berbeda tergantung dimana lokasi kulit berada.
  • Lapisan kulit yang paling tebal ada di kaki Anda (sekitar 1,4mm) dan yang paling tipis adalah di kelopak mata (0,02mm).
Itulah beberapa informasi menarik tentang kulit yang jarang sekali terungkap. Semoga pengetahuan tersebut bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda akan dunia kesehatan.
Sumber : merdeka.com

You Might Also Like

0 comments

SUBSCRIBE